Serba-Serbi Kain Kanvas, si Bahan Baku Tote Bag Canvas

Serba-Serbi Kain Kanvas, si Bahan Baku Tote Bag Canvas

Berbicara tentang kain kanvas, mungkin Anda akan langsung teringat dengan fungsinya yang biasa digunakan untuk melukis. Memang tidak sepenuhnya salah, sebab awalnya kanvas lebih banyak dipakai untuk keperluan melukis. Namun, seiring berjalannya waktu, kain berserat tebal ini mulai dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan tas, sepatu, jaket, serta berbagai macam aksesoris. Namun, dari sekian banyak barang yang dibuat menggunakan kain kanvas, tas jinjing atau tote bag canvas merupakan merupakan salah satu barang yang paling sering dijumpai.

Bukan tanpa sebab, hal ini dikarenakan kain kanvas memiliki ketebalan yang sangat sempurna, sehingga sangat cocok dijadikan tas untuk membawa barang-barang pribadi. Adapun ketebalan yang baik itu diperoleh dari bahan pembuatannya. Pada awalnya, kain kanvas dibuat menggunakan jerami, sehingga hasilnya pun sangat kuat. Akan tetapi, belakangan ini, jerami sudah digantikan oleh kapas, katun, linen, atau bahkan bahan sintetis seperti polyester. Kendati demikian, kualitas dan daya tahannya tetap kuat, serta mudah dimodifikasi.

Daya tahan dan ketebalan yang baik, membuat kain kanvas bersifat tahan dalam segala kondisi. Hebatnya lagi, kain ini hampir menyamai bahan denim dalam hal kekuatan. Tidak hanya itu, kain kanvas juga bersifat tidak mudah robek, serta memiliki karakteristik berupa permukaan yang kasar, tekstur kaku, dan serat benangnya terlihat jelas. Tak ayal, kini kain kanvas juga dijadikan sebagai bahan pembuatan barang-barang seperti tenda, layar kapal, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, barang yang terbuat dari kain kanvas memang cocok untuk ditambahkan logo atau gambar pada permukaannya. Bahkan, Anda bisa mengkustomisasinya dengan mencetak foto di atas kain kanvas untuk mendapat kesan 3D yang mengagumkan. Mencetak logo, gambar, atau foto pada permukaan kain kanvas dapat Anda lakukan dengan bantuan jasa digital printing.

Mengingat banyaknya manfaat yang dimiliki kain kanvas, tak mengherankan bila bahan ini terus berinovasi hingga tersedia dalam berbagai jenis. Oleh karenanya, jika Anda berminat memproduksi tote bag canvas, alangkah baiknya untuk mengenal terlebih dahulu jenis-jenis kain kanvas agar tidak salah pilih.

Jenis Kain Kanvas

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kain kanvas umumnya memiliki serat yang tebal dan kuat, dilengkapi dengan motif benang yang terlihat jelas yang bisa digunakan untuk berbagai barang, seperti tas, sepatu, jaket, atau beragam aksesoris lainnya. Terlepas dari sifat umumnya itu, ternyata kain kanvas memiliki beragam jenis yang tentunya memiliki keunggulan tersendiri. Untuk itu, sebaiknya Anda mengenal jenis-jenis kain kanvas terlebih dahulu sebelum membeli atau mencetaknya agar hasilnya tidak mengecewakan. Berikut adalah beberapa varian kain kanvas yang beredar di pasaran:

1. Kanvas Blacu

Kanvas yang satu ini merupakan jenis kain yang paling mudah dijumpai dengan harga terjangkau. Bahan ini kerap dijadikan bahan baku pembuatan totebag, tas serut, maupun tas souvenir. Walaupun sering digunakan sebagai tas, nyatanya kanvas blacu tidak terlalu kuat, sehingga tidak disarankan untuk membawa barang yang terlalu berat.

2. Kanvas Ristop

Jika dibandingkan dengan kanvas blacu, kualitas kanvas ristop terbilang lebih baik. Pasalnya, kanvas ini memiliki bobot yang cenderung ringan, tidak begitu tebal, dan memiliki ciri khas berupa serat berbentuk kotak-kotak. Umumnya, kain ini kerap dijadikan pakaian ataupun aksesoris dengan harga jual yang agak tinggi.

3. Kanvas Marsoto

Jika Anda menginginkan tas, pakaian, atau aksesoris dengan kualitas yang lebih baik, maka kanvas marsoto menjadi pilihan yang tepat. Bagaimana tidak, kanvas ini berkarakteristik lebih kuat, tidak mudah robek, serta memiliki ciri khas berupa bintik-bintik pada permukaanya, layaknya kain cordura.

4. Kanvas Terpal

Kanvas terpal merupakan jenis kain yang sangat cocok dijadikan barang-barang untuk keperluan outdoor. Sebab, kanvas ini sangat tebal, kuat, dan kedap air.

5. Baby Canvas

Lain halnya denga kanvas terpal, baby canvas justru memiliki karakteristik yang berlawanan, yakni sangat lembut dan lentur. Di sisi lain, daya tahan dan kekuatan baby canvas juga tak kalah kuat dibandingkan kanvas lainnya. Bila Anda menginginkan tas atau pakaian dengan hasil yang terkesan mewah, maka Anda dapat memilih baby canvas.

6. Kanvas PE

Sesuai namanya, kanvas ini terbuat dari bahan PE atau polyester yang dicampur dengan katun, sehingga hasilnya pun sangat kuat. Namun, di sisi lain, kain ini cenderung memberi sensasi panas saat digunakan. Oleh karena itu, kanvas PE kurang cocok untuk dijadikan pakaian, melainkan lebih pas untuk dijadikan sebagai tas.

7. Kanvas Sueding

Bila Anda menginginkan pakaian dengan kesan trendy dan elegan, maka kanvas sueding menjadi pilihan yang bisa Anda pertimbangkan. Pasalnya, kain ini memiliki lapisan tipis yang agak berbulu, sehingga permukaannya pun terasa lebih lembut. Selain itu, kanvas ini juga bersifat tahan lama jika dirawat dengan baik.

Nah, itulah beberapa jenis kain kanvas yang bisa Anda pertimbangkan sebelum menjadikannya sebagai bahan baku pembuatan tote bag canvas. Setelah menentukan bahan yang tepat, langkah selanjutnya untuk membuat tote bag canvas yang menarik adalah mencetak logo atau gambar pada permukaannya.

Sayangnya, mencetak gambar pada kain kanvas tidaklah semudah yang Anda bayangkan. Bagi sebagian orang, mencetak gambar pada kain kanvas terbilang cukup sulit. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Berikut kami berikan ulasan mengenai tips-tips jitu dalam mencetak logo pada kain kanvas agar hasilnya bagus!

 

Tips Mencetak Gambar pada Kain Kanvas untuk Membuat Tote Bag Canvas

1. Perhatikan Kualitas Gambar

Jika Anda ingin mencetak foto pada permukaan kain kanvas, maka Anda perlu memperhatikan sumber file dan resolusi gambar yang hendak dicetak. Semakin besar luas dari media kanvas yang Anda gunakan, semakin tinggi pula resolusi gambar yang dibutuhkan. Pastikan gambar memiliki resolusi di atas 50 MP.

Anda juga bisa mencetak desain yang Anda buat pada permukaan kain kanvas. Sama halnya dengan foto, pastikan desain yang akan digunakan memiliki resolusi yang tinggi (high resolution) agar kualitas gambarnya bagus dan tidak pecah. Usahakan untuk mengirim desain event desk yang akan dicetak dalam ukuran yang sebenarnya (real size high resolution). Upayakan pula untuk mengirim desain dalam format .raw. Format tersebut bisa meliputi aplikasi Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, dan PDF. Sebaiknya, jangan menggunakan software atau aplikasi untuk scale-up (zoom) dan/atau magnify.

2. Pertimbangkan Ukuran Kanvas

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, tingkat resolusi gambar yan hendak dicetak sangat dipengaruhi oleh ukuran media cetak itu sendiri. Oleh karenanya, pastika terlebih dahulu seberapa besar ukuran tote bag canvas berbahan kain kanvas yang ingin Anda cetak.

Itulah tips-tips singkat nan jitu yang bisa Anda terapkan guna menghasilkan gambar berkualitas pada permukaan kain kanvas. Namun, apabila Anda masih bingung dengan desain yang hendak dicetak pada tote bag canvas, Anda bisa menghubungi jasa digital printing terpercaya, seperti totebagcustom.com. Kami menyediakan layanan konsultasi dan siap membantu Anda memproduksi tote bag canvas.

 

Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan, silakan hubungi:

Alamat:
Jl. Assirot 2 No. 15 Kebayoran Lama, Jakarta selatan 12220

Phone:
0811 9399 883
0811 8439 998
0811 9719 098

Email
info@totebagcustom.com
salestotebagcustom@gmail.com

Share this post