Tips Jual Tote Bag Agar Laku Keras

Tips Jual Tote Bag Agar Laku Keras

jual-tas-tote-bag-murah-jual-tas-spunbond-promos-murah-jual-tas-goodie-bag-murah-jakarta

Apakah Aanda saat ini sedang mencoba untuk memulai sebuah bisnis? Namun masih bingung bagaimana dan dari mana memulai bisnis Anda? Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan apa yang akan Anda jual. Jual di sini bisa berarti barang dan jasa. Kita ambil contoh misalnya Anda hendak berbisnis tote bag. Hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah menentukan langkah-langkah yang tepat agar jualan Anda bisa laku dan diminati oleh konsumen. Di bawah ini adalah pembahasan mengenai tips jual tote bag sehingga bisa laris manis di pasaran.

  1. Mengenal Pasar

Langkah pertama yang perlu Anda ketahui adalah mengenal pasar. Maksudnya adalah Anda harus paham mengenai target konsumen Anda. Semisal barang yang anda jual adalah tote bag, maka desain tote bag yang Anda produksi sebaiknya sesuai dengan selera pasar atau konsumen.

Dengan memahami keinginan pasar, maka akan memudahkan Anda untuk memulai bisnis tote bag. Bayangkan jika Anda langsung memulai bisnis tanpa memahami kebutuhan dan keinginan pasar. Tentu Anda akan susah bersaing dengan kompetitor Anda. Bahkan yang terburuk adalah Anda bisa-bisa gulung tikar sebelum balik modal. Tentu Anda tidak ingin mengalami hal demikian bukan?

  1. Memasang Target

Tips yang kedua tentang bagaimana jual tote bag agar bisa laris adalah dengan memasang target. Target yang dimaksud adalah sejauh mana Anda ingin mencapai sukses. Di sini juga masih perlu penjabaran mengenai suskses tersebut. Jika menurut Anda sukses itu adalah ketika Anda sudah berhasil balik modal, tentu itu sah-sah saja. Tapi apakah usaha anda hanya akan sampai di situ saja? Tentu jawabannya adalah tidak. Tentu pertama-tama adalah berusaha untuk bisa balik modal terlebih dulu. Namun bukan berarti itu mudah dicapai. Berusaha keraslah itu bisa mencapai tahap tersebut. Setelah mencapai tahap tersebut, barulah Anda membuat target berikutnya.

Misalnya adalah dengan mencoba untuk mengembangkan usaha Anda di tempat lain atau istilah bisnisnya membuka cabang. Untuk bisa membuka cabang tidaklah mudah. Anda perlu memikirkan ongkos untuk karyawan dan modal yang perlu disiapkan kembali. Yang jelas, buatlah target yang realistis atau bisa dicapai. Jangan sekali-kali membuat target yang terkesan sangat susah atau bahkan mustahil dicapai. Silakan Anda bermimpi dengan kesuksesan Anda, tapi selalu ingat untuk terus menginjak bumi.

  1. Menentukan Lokasi Berjualan

Langkah berikutnya dalam memulai bisnis adalah menentukan lokasi untuk jual tote bag Anda. Nah, untuk bagian ini Anda sebaiknya berhati-hati dalam menentukan lokasi. Kenapa? Karena layaknya istilah anak sekolah, “posisi menentukan prestasi”, maka pilihlah lokasi yang menurut Anda strategis untuk berjualan. Perhatikan juga apakah di sekitar lokasi Anda berjualan, ada penjual lain yang menjual barang yang sama dengan Anda. Jika sudah ada, maka cobalah mencari tempat lain. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi konflik dan persaingan bisnis yang tidak sehat.

Nah, masalahnya adalah tidak semua pemula bisnis mampu menyewa lokasi jualan. Cara lainnya yang sekarang banyak digunakan adalah dengan dua cara. Pertama menitipkan barang dagangan ke penjual yang sudah punya pasar atau konsumen. tentu saja hasil dari penjualan tersebut akan dibagi dua sesuai perjanjian yang telah ditetapkan sebelumnya. Cara yang kedua adalah dengan menjualnya di media sosial yang sedang trendi. Ini adalah cara yang praktis dan cukup menjanjikan. Selain murah dimana Anda cukup mengunggah foto atau video mengenai produk yang Anda jual, Anda juga bisa melakukan promosi produk tanpa harus membayar. Cara ini paling sering dipakai oleh para pemula usaha yang memiliki keterbatasan dari segi dana.

  1. Menjadi Penjual yang Ramah

Ini adalah faktor yang sangat menentukan kesuksesan Anda dalam berbisnis. Jika Anda melayani konsumen dengan ramah dan sopan, maka konsumen Anda akan mendapati Anda sebagai penjual yang baik dan menyenangkan. Sebaliknya jika Anda terkesan kurang peduli pada setiap pertanyaan dari konsumen apa lagi keluhan yang disampaikan oleh mereka, maka Anda bisa dipastikan kesulitan untuk berkembang. Hal ini karena konsumen mempunyai faktor X yang Anda tidak bisa dapatkan, yaitu promosi gratis.

Apa maksudnya? Maksudnya adalah semisal konsumen Anda merasa puas dengan barang yang Anda tawarkan, ditambah dengan pelayanan Anda yang maksimal, mereka akan sukarela tanpa diminta untuk mempromosikan produk Anda kepada rekan-rekan mereka. Hal ini sudah menjadi rahasia umum dikalangan penjual, bahwa konsumen yang puas akan mendatangkan lebih banyak keuntungan. Oleh karena itu Anda dan karyawan Anda sebaiknya perlu menjaga tutur kata yang baik. Dengan memiliki tata bahasa yang enak didengar dan tidak ketus, konsumen jelas akan merasa bahwa mereka diprioritaskan.

  1. Pasang Harga yang Kompetitif

Poin kelima adalah soal bagaimana Anda memasang harga untuk jual tote bag. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan survey harga pada produk yang sejenis dengan apa yang akan Anda jual, dalam hal ini adalah tote bag. Cobalah untuk mencari informasi disejumlah penjual bagaimana mereka memasang harga. Perhatikan pada bahan yang dipakai untuk membuat tote bag. Apakah bahan tersebut berkualitas bagus atau jelek.

Jika bahan yang menjadi dasar pembuatan tote bag berkualitas jelek, maka Anda berhak untuk memasang harga di atas produk tersebut. Maksudnya adalah, dengan kualitas bagus, tentu Anda tidak ingin menjual produk dengan harga yang sama dengan produk berbahan jelek. Konsumen akan memilih untuk membeli barang yang berkualitas namun harganya tidaklah terlalu mahal. Tidak semua pembeli atau konsumen selalu mengincar produk dengan harga yang paling murah. Jelas kualitas lebih menjadi prioritas mereka.

Satu hal lagi, yaitu jangan juga memasang harga yang terlalu rendah untuk kualitas barang yang sama. Jika produk Anda dijual dengan harga yang sangat rendah, maka penjual lain akan marah. Selain itu konsumen (walau tidak semua) tidak akan melirik produk Anda. Hal ini dikarenakan mereka akan berpikir bahwa produk Anda berkualitas jelek, padahal kenyataannya bagus. Cobalah bersaing dengan sehat dengan sesama penjual.

  1. Pandai Membaca Peluang

Untuk tips terakhir ini memang perlu proses yang tidak singkat. Anda harus membangun insting bisnis yang tajam sehingga mampu untuk membaca peluang bisnis yang menjanjikan. Jangan takut gagal, tapi juga bersikap tidak nekad. Jika Anda nekad dalam berbisnis, maka insting Anda akan tumpul. Membaca peluang memerlukan pengamatan dan analisa bisnis yang baik. Bisnis jual tote bag bisa sangat menjanjikan jika Anda tahu bagaimana menjualnya di saat yang tepat.

 

Demikian ulasan mengenai tips berbisnis tote bag. semoga ulasan ini bisa menjadi referensi Anda dalam memulai sebuah usaha jual tote bag. Ingat, Anda tidak usah takut untuk mencoba. Jika anda takut mencoba, maka Anda tidak akan pernah belajar.

 

Baca juga artikel lainnya: 10 Keunggulan Tote Bag Blacu

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *