Tote Bag Pengganti Kantong Plastik yang Ramah Lingkungan

Tote Bag Pengganti Kantong Plastik yang Ramah Lingkungan

 

Tote bag sedang populer digunakan di Indonesia. Selain murah, tote bag juga punya fungsi yang cukup banyak. Salah satunya adalah untuk membawa belanjaan, sebagai pengganti kantong plastik. Selain tote bag lebih kuat untuk membawa barang belanjaan, penggunaan tote bag juga bisa membantu untuk mengurangi sampah plastik dan dapat membantu mengurangi pencemaran lingkungan akibat penggunaan kantong plastik. Memang penggunaan kantong plastik di Indonesia sudah merajalela. Mulai dari pasar hingga swalayan menggunakan tas plastik untuk membawa barang yang sudah dibeli. Jika rata-rata setiap orang menggunakan kantong plastik 5 buah dalam seminggu saja, berapa banyak yang mereka gunakan selama setahun? Itu baru satu orang saja ya? Jika dikalikan dengan ribuan penduduk Indonesia? Wah, tidak bisa dibayangkan banyaknya kantong plastik yang digunakan oleh penduduk Indonesia selama setahun.

Jika selama ini Anda menggunakan kantong plastik untuk membawa barang belanjaan, mungkin Anda mulai harus mengubah kebiasaan tersebut. Hal ini dikarenakan penggunaan kantong plastik bisa menimbulkan tumpukan sampah plastik yang akhirnya akan mengotori dan mencemarkan lingkungan. Jika Anda masih menggunakan kantong plastik, coba perhatikan 9 alasan berikut ini agar Anda berhenti menggunakannya mulai sekarang:

  1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan agar kantong plastik terurai? Kantong plastik bisa memakan waktu 15 hingga 1.000 tahun untuk terurai, tergantung pada lingkungan. Bahkan jika kantong plastik diletakkan di tempat pembuangan sampah yang justru jauh dari bakteri pengurai.
  2. Kantong plastik yang tidak terurai, jika dibakar pun akan menyebabkan pencemaran udara karena plastik berubah menjadi partikel-partikel kecil bercampur bersama udara. Partikel ini pun dapat menyebabkan gangguan pernafasan.
  3. Diperkirakan satu juta burung, 100.000 kura-kura, dan banyak hewan laut lainnya mati setiap tahun karena menelan plastik. Hewan-hewan laut ini mengira jika plastik-plastik yang mengambang di lautan sebagai makanan, karena bentuknya seperti ubur-ubur ataupun plankton. Hewan laut ini pun memakan sampah plastik tersebut. Setelah tertelan, plastik memblokir saluran pencernaan dan hewan-hewan mati kelaparan. Hewan lain tenggelam setelah terjerat dalam limbah plastik.
  4. Pengelolaan sampah plastik membutuhkan biaya besar, termasuk pengadaan mesin pengolah, tenaga kerja dan alat-alat lainnya. Besarnya biaya yang dibutuhkan ini membuat biaya untuk mendaur ulang kantong plastik melebihi nilainya, sehingga sebagian besar fasilitas daur ulang tidak akan mengambilnya. Alih-alih didaur ulang, mereka dibuang bersama sisa sampah.
  5. Hanya sekitar 2% sampah plastik yang didaur ulang. Sisanya dibiarkan saja tanpa batas di tempat pembuangan sampah atau membusuk di lautan. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan pencemaran lingkungan.
  6. Karena ringan, kantong plastik yang berada di tempat pembuangan sampah mudah terbawa angina dan tersangkut pada pepohonan maupun kabel-kabel listrik. Jika dibiarkan akan dapat mengganggu proses fotosintesis pohon dan juga mengganggu jalannya instalasi listrik.
  7. Kantong plastik terbuat dari produk minyak bumi dan gas alam, keduanya sumber daya tidak terbarukan, dan pembuatannya membantu menaikkan harga gas dan bahan bakar.
  8. Gaya hidup konsumtif masyarakat semakin meningkat, sehingga penggunaan plastik juga meningkat setiap tahunnya.
  9. Emersi karbon yang tinggi akibat proses produksi kantong plastik memicu bahaya yang tinggi. Salah satunya adalah perubahan iklim dan kondisi bumi yang semakin panas. Jadi jangan mengeluh ya kalau sekarang kondisi cuaca jadi semakin panas. Karena bisa jadi Anda adalah salah satu orang yang memicu hal tersebut.

Ada ribuan fakta lain tentang kantong plastik dan bagaimana pengaruhnya terhadap planet kita. Tapi terlepas dari berbagai fakta yang ada, kepedulian terhadap lingkungan hidup jauh lebih penting. Mulai dari sekarang, Anda bisa mulai mengurangi penggunaan kantong plastik.

 

 

Anda bisa menggunakan tote bag sebagai pengganti kantong plastik yang selama ini Anda gunakan. Apa saja keuntunggan menggunakan tote bag? Berikut penjelasannya:

  1. Mengurangi penggunaan plastik

Jika selama ini Anda menggunakan minimal 1 buah kantong plastik dalam satu hari. Maka setiap tahunnya Anda menggunakan 365 buah kantong plastik. Jumlah ini bisa ditekan dengan penggunaan 1 buah tote bag. Hal ini dikarenakan tote bag bisa digunakan tidak hanya sekali, namun juga berkali-kali karena bahannya yang awet dan kuat.

  1. Ramah lingkungan

Jika penggunaan kantong plastik diminimalisir, makan sampah plastik pun akan berkurang secara perlahan. Hal ini tentu akan mengurangi pencemaran lingkungan oleh sampah plastik. Selain aman untuk kehidupan manusia, penggunaan tote bag sebagai pengganti kantong plastik juga bisa membantu menyelematkan ekosistem laut.

  1. Lebih kuat dan mampu membawa beban berat

Tote bag terbuat dari bahan kanvas sehingga lebih kuat dibandingkan dengan kantong plastik yang pegangannya gampang putus. Ketahanan tote bag juga memungkinkan untuk membawa barang lebih banyak sehingga lebih efesien dibandingkan dengan kantong plastik.

  1. Praktis, mudah dibawa kemana-mana

Tote bag terbuat dari bahan kanvas sehingga mudah dilipat, mudah disimpan dan mudah dibawa kemana-mana. Jika berbelanja ke pasar ataupun supermarket, Anda bisa memasukkan tote bag ke dalam dompet atau tas kecil Anda. Saat selesai belanja, Anda bisa memasukkan semua barang belanjaan Anda ke dalam tote bag yang Anda bawa. Praktis kan?

  1. Lebih elegan

Bayangkan jika Anda selesai berbelanja dengan membawa beberapa kantong plastik berisi penuh dengan barang belanjaan. Lalu bayangkan kembali Anda berbelanja menggunakan tote bag untuk menyimpan barang belanjaan Anda. Situasi mana yang lebih enak untuk dilihat? Tentu saja situasi saat Anda berbelanja dengan menggunakan tote bag kan? Hal ini dikarenakan selain mempunyai nilai fungsi yang tinggi, tote bag juga punya sisi estetika yang dapat meningkatkan penampilan Anda.

  1. Mudah didesain

Jika selama ini Anda menemukan kantong plastik dengan warna hitam dan putih saja, maka Anda bisa memilih sendiri warna tote bag Anda. Selain itu Anda juga bisa membuat sendiri desain pada tote bag Anda. Misalnya saja jika Anda adalah seorang pecinta kucing, Anda bisa menambahkan desain gambar kucing pada tote bag Anda. Dengan demikian Anda juga bisa menunjukkan identitas dan karakter Anda pada tote bag kesayangan Anda.

Banyak kan kelebihan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan tote bag. Selain dapat menjaga lingkungan hidup dari pencemaran, Anda juga bisa tampil lebih menarik dengan menggunakan tote bag. Hal ini dikarenakan tote bag juga memiliki nilai estetika yang bisa menambah penampilan.

Jika Anda ingin membuat sendiri tote bag sesuai dengan keinginan Anda, maka jangan ragu lagi untuk mengunjungi situs totebagcustom.com. Anda bisa membuat desain sendiri sesuai dengan keinginan Anda.

Kini Anda bisa menjaga lingkungan hidup sekaligus mempercantik penampilan diri. Jadi tunggu apa lagi? Segera tolak penjual yang menawarkan kantong plastik pada Anda, dan menggantinya dengan menggunakan tote bag sekarang juga!

 

Lihat juga postingan lainnya: 9 Jenis Tote Bag yang Perlu Anda Ketahui

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *