Perbedaan Antara Canvas Tote Bag dengan Cotton Tote Bag

Perbedaan Antara Canvas Tote Bag dengan Cotton Tote Bag

Tote bag atau tas jinjing tengah menjadi primadona di masyarakat kita saat ini. Orang memakai tas jinjing untuk beragam keperluan sehari-hari. Selain itu pemesanan tas jinjing juga untuk beragam kepentingan. Tas jinjing yang lazim dimiliki oleh kebanyakan orang adalah dari bahan canvas atau biasa disebut canvas tote bag. Namun popularitas tote bag dari bahan canvas juga punya pesaing yaitu tote bag dari bahan katun atau biasa disebut cotton tote bag. Kedua produk ini punya kualitasnya masing-masing yang membuat orang senang memakainya. Biasanya tas-tas tersebut dipakai untuk membawa buku, dompet, alat make up, pengganti tas belanja sehari-hari, membawa dokumen-dokumen penting, baju bahkan sepatu.

Namun, jika kita berbicara mengenai perpedaan dari keduanya, ternyata masih ada juga orang tidak bisa membedakan antara canvas dengan cotton. Yang kebanyakan orang tahu adalah kualitasnya yang baik untuk keperluan beragam aktivitas. Alasan orang memilih menggunakanya adalah karena ketahanannya dan sifat yang ramah lingkungan. Selain itu, orang membeli tote bag karena bisa digunakan untuk segala keperluan dan kepentingan. Ditambah lagi desain tote bag yang cenderung kekinian dan elegan. Bagi Anda yang menyukai keduanya, tentu akan sulit untuk menentukan pilihan mana yang paling Anda sukai.

Pada dasarnya pemilihan antara canvas dan cotton bagi konsumen dipengaruhi oleh kebutuhan dan keperluan. Bagi yang memiliki keduanya, tentu akan lebih menyenangkan karena bisa memilih mana yang akan dipakai tergantung dengan aktifitasnya. Namun jika Anda ingin tahu mengenai perbedaan dari keduanya berikut akan dijelaskan mengenai perbedaannya.

 

Cotton Tote Bag

Yang orang ketahui mengenai tas jinjing berbahan katun adalah bahwa produk yang terbuat dari katun sudah digunakan selama berabad-abad. Selain itu, bahan katun punya keunggulan pada aspek lingkungan jika dibandingkan dengan tas lain dari bahan plastik. Tas dari bahan katun dikenal juga karena tahan lama dan bisa digunakan kembali. Kemudian, jika kita berpikir mengenai penggunaan jangka panjang, tas dari bahan katun lebih menguntungkan dan lebih murah serta bisa digunakan untuk keperluan berbelanja.

Tas dari bahan katun juga mampu menahan panas lebih dari 170 derajat celcius. Hal itu berarti tote bag dari bahan katun bisa disetrika juga. Selain itu bisa juga diberi logo dan desain unik lainnya. Kelebihan lain dari tas jinjing berbahan katun adalah tekstur bahan yang halus dan lembut. Oleh karena itu tas jinjing dari bahan katun sering digunakan untuk keperluan promosi, hadiah, souvenir, atau asesoris ruang. Selain itu karena termasuk bahan yang bisa didesain sebebas-bebasnya, maka tas jinjing dari bahan katun bisa juga dibuat untuk beragam karya seni.

Sebagaimana sudah disampaikan di atas, bahan katun memiliki ketahanan yang sangat baik. Tapi Anda perlu pastikan untuk membeli bahan katun dengan kualitas premium 100% sehingga kekuatannya bisa benar-benar maksimal jika dipakai untuk membawa barang yang berat. Anda juga bisa mencuci tas Anda jika kotor selayaknya Anda mencuci pakaian Anda yang lain.

 

Canvas Tote Bag

Sebenarnya, bahan canvas itu merupakan produk turunan dari bahan katun. Oleh karena itu sering disebut sebagai cotton-based product. Karena sama-sama berasal dari tenunan kapas, maka bahan canvas juga merupakan produk yang ramah lingkungan. Jika dibandingkan dengan katun, bahan canvas lebih kaku dan sedikit lebih keras. Hal ini dipengaruhi oleh proses pembuatannya yang lebih kompleks.

Bahan canvas dijahit lebih intensif dan berlapis.oleh karena itu bahan dari canvas jauh lebih kuat dalam menahan beban daripada produk dari bahan katun namun tetap ringan sehingga tidak menambah berat barang yang dibawa. Jadi Anda tidak perlu khawatir tas Anda menjadi sobek. Anda bahkan bisa membawa barang seperti book yang tebal atau barang dengan ukuran besar. Seperti halnya bahan dari katun, bahan dari canvas juga mampu menahan panas sampai diatas 150 derajat celcius. Bahan canvas bisa didesain dengan detail yang menakjubkan. Selain itu proses printing untuk desain tas jinjing dari bahan canvas bisa lebih cepat kering.

Canvas tote bag juga lebih bersifat waterproof atau tahan air ketimbang bahan dari katun. Ini karena serat dan tenunan dari bahan canvas lebih kompleks dan rumit daripada bahan dari katun. Saat Anda akan berkegiatan di luar rumah, seperti piknik atau berkemah, tas dari bahan canvas lebih cocok untuk digunakan karena sejumlah sifat itu tadi. Kemudian, jika nanti pada saat Anda menggunakan tas jinjing berbahan canvas tas tersebut kotor, Anda tidak susah untuk membersihkannya. Anda bisa mencucinya asalkan mengikuti langkah-langkah yang tepat mengenai bagaimana mencuci tas berbahan canvas. Dengan demikian tas jinjing Anda akan jauh lebih awet dan bisa digunakan seterusnya.

Canvas tote bag memiliki sifat yang lebih kuat, lebih besar, lebih kaku, anti air yang bagus dan tampilan yang lebih solid dibandingkan dengan tote bag dari bahan katun. Dengan sejumlah keunggulan tersebut, tas jinjing berbahan canvas lebih cocok untuk bermacam keperluan. Saat ini sejumlah produsen tas jinjing sudah memproduksi tote bag dari canvas dengan model dan desain yang lebih elegan dan keren sehingga Anda akan tetap bisa tampil trendi dan kekinian.

 

Satu hal yang menjadi kekurangan dari tas berbahan canvas adalah sedikit lebih susah untuk terdaur-ulang ketimbang bahan katun. Namun pada masa sekarang sudah banyak produsen yang mampu membuat tas canvas yang lebih bisa didaur-ulang yaitu dengan melibatkan bahan katun pada proses pembuatannya. Jadi Anda tidak perlu risau canvas tote bag tetap termasuk ramah lingkungan.

 

Kesimpulan

Pada akhirnya kita dihadapkan pada dua pilihan antara katun atau canvas. Katun lebih fleksibel, jauh lebih ramah lingkungan dan lebih mudah untuk dicetak dan didesain. Di sisi lain, tas berbahan canvas jauh lebih tahan lama, lebih kuat dan memiliki kegunaaan yang lebih banyak. Mana yang lebih baik? Semua itu kembali lagi kepada kebutuhan dan keperluan Anda sebagai konsumen.

 

Demikian ulasan mengenai perbedaan antara canvas tote bag dengan cotton tote bag. Semoga ulasan ini bisa memberikan Anda gambaran yang jelas mengenai kelebihan masing-masing tas. Sehingga Anda bisa lebih tahu mana yang akan Anda beli atau gunakan untuk setiap keperluan Anda dan keluarga Anda. Sebenarnya akan lebih baik jika Anda mempunyai kedua jenis tas ini. Karena tentu Anda memiliki beragam kegiatan yang membutuhkan tas yang berbeda fungsi dan kegunaan. Jika Anda ingin melihat seperti apa produk dari bahan canvas, anda bisa mengunjungi website totebagcustom.com. Di sana Anda akan menemukan bermacam tas berbahan canvas yang berkualitas dengan bermacam model dan desain. Anda juga bisa memesan produk yang original sesuai dengan desain usulan Anda.

 

Baca juga artikel lainnya: Toko Online yang Jual Tote Bag untuk Mengganti Tas Plastik

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *